Special Price Available Space  December 2016

IMG_20160304_143959Efisiensi dan Konservasi Energi Pada Interior Gedung merupakan sarana standarisari suatu gedung untuk mencapai kelayakansehingga memberikan kontribusi besar dalam upaya penyelamatan lingkungan dan penghematan energi.

Global Warming menjadi isu lingkungan yang semakin gencar disuarakan dalam era modern sekarang ini. Global Warming bukan lagi menjadi wacana melainkan menjadi suatu peringatan serius yang harus diresponi agar manusia dapat melanjutkan kehidupannya di bumi ini. Tingginya kadar karbon dioksida (CO2) di udara menjadi salah satu tanda rusaknya alam. Konsentrasi CO2 yang tinggi di atmosfir menghalangi pelepasan kembali panas matahari dari bumi, sehingga terjadilah efek rumah kaca yang memicu terjadinya pemanasan global. Sejak revolusi industri, konsentrasi CO2 meningkat tajam dan terus naik sebesar 36% dari 280ppm (bagian per mil) pada masa sebelum revolusi industri, hingga mencapai 381ppm pada 2005

Konsep penekanan desain ekologi arsitektur didasari dengan maraknya isu pemanasan global. Diharapkan dengan konsep perancangan yang berdasar pada keseimbangan alam ini, dapat mengurangi pemanasan global sehingga suhu bumi tetap terjaga. Satu penyumbang terbesar bagi pemanasan global dan bentuk lain dari perusakan lingkungan adalah industri konstruksi bangunan. Meskipun demikian, Indonesia menempati posisi ke-8 dengan nilai Green Building Involvement yang hanya bernilai 38% (konferensi BCI Asia FuturArc Forum 2008). Itu berarti bahwa penerapan konsep desain yang berwawasan lingkungan di Indonesia masih sangat perlu ditingkatkan.

meliputi pengusaha, arsitek, teknisi mekanikal elektrik, desainer interior , teknisi bangunan, lansekaper, serta pelaku lainnya dalam rangka menerapkan praktik-praktik terbaik dan berupaya untuk mencapai standar yang terukur serta dapat dipahami oleh masyarakat umum beserta para pengguna bangunan. Standar yang ingin dicapai dalam penerapan GREENSHIP adalah upaya untuk mewujudkan suatu konsep green building (bangunan hijau) yang ramah lingkungan sejak dicanangkannya tahapan perencanaan, tahapan pembangunan, sampai dengan pengoperasian dan kegiatan pemeliharaan sehari-hari. Adapun sistem penilaiannya dibagi berdasarkan enam kategori, yaitu:

 

  1. Tepat Guna Lahan (Appropriate Site Development / ASD),
  2. Konservasi dan Efisiensi Energi (Energy Efficiency and Conservation / EEC),
  3. Konservasi Air (Water Conservation / WAC),
  4. Siklus dan Sumber Material (Material Resources and Cycle / MRC),
  5. Kesehatan dan Kenyamanan dalam Ruang (Indoor Health and Comfort / IHC),
  6. Manajemen Lingkungan Bangunan (Building and Environment Management / BEM).

 

IMG_20160304_143858Dengan menerapkan sistem penilaian ini, setiap gedung yang menyatakan bahwa gedungnya sebagai bangunan hijau akan mendapatkan penilaian yang terukur dan dapat disertifikasi berdasarkan kriteria-kriteria baku yang disusun dalam sistem kriteria penilaian. Perangkat penilaian GREENSHIP adalah suatu sistem penilaian yang merupakan bentuk dari salah satu upaya untuk menjembatani konsep kegiatan yang ramah lingkungan dan prinsip pembangunan berkelanjutan dengan kegiatan praktik-praktik yang terjadi secara langsung. Dengan adanya perangkat penilaian ini diharapkan akan terjadi hubungan yang bersinergi bagi para pelaku dibidang industri bangunan, antara lain: para pemilik gedung, desainer interior, industri bahan bangunan, kontraktor gedung, manajemen gedung dan pengguna gedung, sehingga praktik membangun gedung yang ramah lingkungan dapat diterapkan di Indonesia. Kriteria penilaian GREENSHIP bukan merupakan penemuan baru melainkan kumpulan dan pengelompokan dari kegiatan praktik terbaik yang dilaksanakan oleh para pelaku dibidang industri bangunan yang kemudian dikembangkan dan diidentifikasikan kembali oleh GBC Indonesia. Penyusunan panduan teknis perangkat penilaian GREENSHIP Ruang Interior ini dilakukan oleh putra dan putri Indonesia sehingga isi dokumen telah disesuaikan dengan pertimbangan yang didasarkan pada kondisi lokal khas Indonesia yang unik dan spesifik.