6 Faktor Untuk Memilih Lokasi Usaha Yang Strategis

Memilih Lokasi Yang Tepat dan Strategis Untuk Usaha Anda Adalah Hal Yang Krusial
Untuk menjadi seorang pengusaha, wirausahawan atau istilah kerennya entrepreneur, Anda harus mengkaji permasalahan utama memulai usaha: permasalahan modal, jenis dan jumlah produk, persaingan dan sebagainya. Satu yang paling krusial dan bahkan akan menjadi penentu kesuksesan usaha Anda: memilih lokasi yang stategis.
Sebagai seorang pengusaha, Anda harus memutuskan dengan bijak di manakah tempat usahayang cocok untuk Anda. Jika tidak, bisa saja pemasaran produk perusahaan Anda menjadi terhambat karena lokasi yang Anda pilih tidak sesuai.

Ada Beberapa Alasan Mengapa Memilih Lokasi Usaha Strategis, Dapat Menjadi Pembeda Bagi Perusahaan Anda.

Boleh saja, menurut para ahli, lokasi usaha adalah salah satu aspek dari pemasaran.Tapi bukan hanya itu, Menurut Erica Swallow, seorang kontributor di situs entrepreneur terkemuka Forbes.com, salah satu faktor yang perlu Anda pikirkan dengan matang saat memilih lokasi usaha yang tepat adalah kemudahan navigasi, kemudahan transportasi serta peraturan daerah tentang pajak. Nah, ternyata, bukan hanya dua faktor tersebut yang perlu Anda kaji sebelum memilih lokasi usaha yang tepat untuk Anda.Dari sebuah survey yang dilakukan oleh Thumbtack.com dan Kauffman Foundation, sedikitnya ada enam faktor yang harus Anda kaji.Ya, enam. Faktor-faktor tersebut adalah hasil survey pada 6000 pebisnis lokal di Amerika Serikat yang dihimpun oleh dua penyenggara survey diatas.

Berikut faktor yang harus Anda kaji untuk memilih lokasi usaha berdasarkan survey tersebut:

1 Lokasi Yang Anda Pilih Harus Memiliki Akses Ke Lokasi Kolega dan Tempat Pengembangan
Lokasi yang Anda pilih harus mampu menjangkau kolega dan lembaga pengembangan sumber daya manusia. Pertama, jika Anda baca kembali artikel Kami sebelumnya, Memaksimalkan Potensi Karyawan Setelah Merekrut Karyawan, Anda akan sadar, bahwa Anda dan karyawan Anda perlu mendapatkan motivasi baru dan penyegaran entrepreneurship untuk menjaga kinerja perusahaan.

2 Pilih Daerah Dengan Layanan Sertifikasi dan Dukungan Yang Baik Pada Bidang Usaha Anda
Selain dukungan pada bidang pengembangan SDM, dukungan hukum dan administrasi usaha adalah faktor pemilihan lokasi tempat usaha Anda. Sertifikasi seperti sertifikat Halal, jika Anda memasarkan produk makanan, efektif meningkatkan kepercayaan sekaligus minat beli pelanggan, sertifikasi ISO, yang mampu meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda secara signifikan, terutama pada bidang administrasi. Lokasi yang tepat akan mempermudah akses Anda pada lembaga sertifikasi terkait dan mereduksi biaya akomodasi. Selain kemudahan mendapat sertifikasi, Anda juga membutuhkan lokasi yang pemerintah daerahnya memberi dukungan administratif atau finansial pada usaha Anda. . Karena masyarakat pada umumnya lebih menghargai produk dari mall dibanding produk yang dijual di pasar atau di pinggir jalan.

3 Biaya dan Kualitas Hidup
Poin ini jelas, lokasi yang Anda pilih haruslah memiliki biaya hidup yang tak mahal dan kualitas hidup yang baik.
Kualitas hidup bisa dilihat dari sudut pandang sosial dan finansial. Dari sudut pandang sosial, budaya dan keadaan sosial lokasi bisnis yang Anda miliki harus sesuai dengan visi dan misi usaha Anda. Selain menarik minat masyarakat sekitar untuk menggunakan jasa atau membeli produk Anda, kenyamanan kerja dan hidup juga dapat Anda peroleh. Dari segi finansial, lebih pada biaya hidup. Jika perusahaan Anda masih dalam tahap awal, tidak bijak bila Anda memilih lokasi usaha yang memiliki biaya hidup mahal. Apalagi jika Anda tidak memiliki modal yang besar.

4 Akses Pada Penyokong Finansial
Jika Anda adalah seorang startup usaha kecil, pendanaan bisa jadi masalah. Keberadaan penyokong finansial seperti kredit usaha atau pinjaman bank bisa menjadi solusi, meski tidak dianjurkan. Otomatis Anda harus memilih lokasi di mana Anda dapat memperoleh sokongan finansial untuk menambah modal. Anda bisa memilih daerah yang pemerintahannya menyokong jenis usaha Anda dan memberikan dana segar, sekaligus bekerja sama mengembangkan potensi daerah di sana.

5 Fasilitas dan Infrastruktur Gedung Yang Anda Inginkan                                                                                                                  Usaha Anda mengalami kesulitan gara-gara fasilitas vital seperti pasokan listrik dan air sering terganggu?
Nah, oleh karena itu, Leon Gettler, seorang Bussiness Journalist menyatakan bahwa saat Anda memilih gedung di lokasi usaha yang Anda pilih,
setidaknya perhatikan faktor dibawah ini:
• Pasokan air dan listrik yang mencukupi
• Pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik, jadi Anda bisa mereduksi budget untuk lampu dan penggunaan Air Conditioner
• Ukuran gedung mencukupi jumlah karyawan dan properti yang ada
• Memiliki lahan parkir yang aman
• Akses gedung harus mudah menjangkau jalan-jalan utama di daerah tempat usaha Anda tersebut.
• Tapi satu yang paling penting,
• Pastikan gedung yang Anda pilih memiliki struktur yang kuat dan memerlukan perbaikan minimal untuk menghemat budget perusahaan Anda.

6 Cek Sebaran Kompetitor Usaha di Wilayah Yang Anda Pilih
• Ada satu kecenderungan yang muncul di wilayah yang ideal untuk memulai usaha,
• Karena bukan hanya Anda yang menemukan bahwa wilayah tersebut strategis demografi dan profil pemasarannya.
• Ada dua pilihan jika skenario terdapat banyak kompetitor pada wilayah yang Anda pilih,
• Pertama, Anda tidak cukup baik untuk menyalip jumlah penjualan dan kualitas produk kompetitor Anda,
• jika demikian, lebih baik Anda mencari wilayah lain atau Anda akan merugi.
• Kedua, Anda bisa dan yakin produk Anda memiliki kualitas yang jauh lebih baik dan menarik lebih banyak pelanggan,
• maka memilih lokasi usaha padat kompetitor dapat menjadi booster yang baik untuk usaha Anda, menurut Blake Tartt III, president dan CEO dari      perusahaan real estate New Regional Planning.
• Banyaknya kompetisi juga bisa menjadi motivasi untuk Anda agar selalu maju dan berinovasimengembangkan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Sumber content: http://blog.tempat-usaha.com/

Social Media Marketing Plan – Hootsuite.com

SPECIAL PRICE AVAILABLE SPACE MENARA JAMSOSTEK