SEWA RUANG KANTOR GEDUNG MENARA JAMSOSTEK  SPECIAL PRICE  AVAILABLE SPACE

PENTINGNYA K3 (SAFETY BUILDING) DALAM PENGELOLAAN GEDUNG BERTINGKAT

kebakaran-gedung-bertingkat-copyKebutuhan ruang gerak baik yang bersifat terbuka atau tertutup sangat diperlukan untuk melaksanakan segala aktifitas, seiring perkembangan kota yang meningkat. Perkembangan tersebut menyebabkan bangunan gedung terus mengalami pertumbuhan baik secara vertikal maupun horisontal. Pertumbuhan dan penataan bangunan yang ada, terkadang tidak diimbangi dengan kesiapan infrastruktur bangunan maupun perkotaan. Sehingga bangunan fisik yang dihasilkan, seringkali kurang memperhatikan bahaya kebakaran. Bahaya kebakaran dapat terjadi pada bangunan atau site dimana bangunan itu berada. Kebakaran merupakan kejadian yang tidak diinginkan, karena dapat mengakibatkan kerugian, baik berupa materiil maupun moril. “Kebakaran adalah bahaya yang diakibatkan oleh adanya nyala api yang tidak terkendali sehingga dapat mengancam keselamatan jiwa manusia maupun harta benda.
Alternatif pemecahan masalah dilakukan dengan pencegahan (Prevention) melalui upaya menghilangkan sama sekali bahaya/masalah, kecelakaan atau kerugian, mengurangi kemungkinan terjadinya bahaya/masalah, kecelakaan atau kerugian. Sedangkan dalam pengurangan (Mitigation) nahaya dilakukan dengan mengurangi dampak atau tingkat keparahan dari kecelakaan/kerugian/masalah, meningkatkan kesiapan dan tanggap darurat.

kebakaran-gedung-bertingkatBagimana menghilangkan bahaya/kecelakaan/kerugian dilakukan dengan pemilihan teknologi, pemilihan bahan baku/kimia (subtitusi), pengendalian pada sumbernya, memindahkan orang, dan memindahkan peralatan/fasilitas. Untuk mengurangi peluang terjadinya bahaya/kecelakaan/kerugian dengan prosedur, alarm, pelatihan, audit, pemilihan Kon–traktor, pemeliharaan dan perawatan berkala, inspeksi, dan memasang Tanda Bahaya dan Peringatan.

Kurangnya pemahaman tentang bahaya api dan pencegahanya seringkali membuat sistem pencegahan kebakaran tidak menjadi prioritas dalam desain atau pelaksanaan bangunan. “Resiko kebakaran pada sebuah gedung menjadi isu  penting yang perlu diperhatikan. Permasalahan kebakaran terjadi apabila sikap bahan bangunan terhadap kebakaran, pencegahan terhadap kebakaran dalam perencanaan dan perlengkapan pemadam kebakaran sering ditiadakan